Wednesday, November 18, 2009

Pemegang catatan rekor terbanyak di perhelatan Piala Dunia

Pemegang catatan rekor terbanyak di perhelatan Piala Dunia adalah legenda sepakbola Brasil, Pele.




Lebih dari lima rekor dipegang pemain legendaris Brasil ini, mulai dari pemain dengan koleksi gelar Piala Dunia terbanyak hingga pemain termuda yang tampil di laga final.

Pele memegang rekor sebagai pemain dengan koleksi gelar juara dunia terbanyak setelah membawa Brasil menjadi kampiun di tahun 1958, 1962 dan 1970.

Pele termasuk dalam empat pemain yang mencetak tiga gol di babak final Piala Dunia, yaitu dua kali di tahun 1958 saat Brasil menghadapi Swedia dan satu gol kala menghadapi Italia di tahun 1970. Ada pun tiga pemain lain itu adalah Vava, Geoff Hurst dan Zinedine Zidane.

Pele juga termasuk satu dari dua pemain yang selalu mencetak gol di tiap turnamen Piala Dunia yang diikutinya. Uwe Seeler dari Jerman menjadi satu pemain lainnya.

Dalam urusan usia, Pele mencetak banyak prestasi, mulai dari pemain termuda yang tampil di partai final, yaitu di Piala Dunia 1958, saat Brasil menghadapi Swedia. Kala itu usianya masih 17 tahun 249 hari, dan berhasil mencetak gol, yang membuatnya masuk dalam catatan pencetak gol termuda di final Piala Dunia.

Pele juga menjadi pencetak gol termuda, saat membobol gawang Wales di Piala Dunia 1958. Kala itu usianya 17 tahun 239 hari. Lima hari kemudian, ia mencetak hattrick ke gawang Prancis, yang membuatnya bisa mencatat rekor sebagai pencetak tiga gol termuda.

No comments:

Post a Comment