Wednesday, November 18, 2009

Sepuluh Laga Terpanas MU-Liverpool




21 Mei 1977, Final Piala FA

Manchester United 2, Liverpool 1
Wembley
Musim 1976/77 bisa menjadi sejarah bagi Liverpool dengan meraih Treble (juara di liga domestik, Piala FA, dan Piala Eropa). Gelar liga telah mereka raih, dan untuk final Piala FA Manchester United menjadi batu sandungan mereka. Dalam waktu lima menit di awal babak kedua, terjadi tiga buah gol. Setan Merah mencetak gol pertama lewat Stuart Pearson yang kemudian disamakan oleh Jimmy Case dua menit kemudian. Namun tiga menit setelah The Reds menyamakan kedudukan, tendangan Lou Macari terkena dada rekannya Jimmy Greenhoff dan melambung melewati kiper Ray Clemence yang mengubah skor menjadi 2-1 bagi United hingga pertandingan berakhir. Ini berarti membuat Liverpool gagal melengkapi Treble karena lima hari kemudian, mereka berhasil merebut Piala Eropa dengan mengalahkan Borussia Monchengladbach 3-1.

1 Oktober 1995, Liga Primer
Manchester United 2, Liverpool 2
Old Trafford
Pertandingan ini lebih dikenang sebagai pertandingan pertama bagi kembalinya Eric Cantona setelah terkena hukuman akibat tendangan kungfu-nya. Dalam waktu 2 menit, ia telah memberi assist bagi Nicky Butt sebelum Robbie Fowler kemudian mencetak dua gol ke gawang Peter Schmeichel. Cantona kemudian menyamakan kedudukan di menit ke-71 lewat tendangan penalti setelah Ryan Giggs dijegal di kotak terlarang. Sang Raja telah kembali!

11 Mei 1996, Final Piala FA
Manchester United 1, Liverpool 0
Wembley
Tiga hari sebelum final ini berlangsung, United telah menjadi juara Liga Primer Inggris untuk ketiga kalinya dalam waktu empat tahun. Walau laga ini berlangsung antara dua musuh bebuyutan, pertandingan baru menjadi hidup saat lima menit menjelang pertandingan berakhir. Kiper The Reds David James hanya bisa meninju bola dari tendangan sudut yang jatuh tepat di kaki Cantona. Ia kemudian langsung menendang bola yang tidak menyentuh seorang pemain pun yang ramai di kotak penalti dan menembus gawang Liverpool. Setan Merah pun sukses meraih gelar ganda.

24 Januari 1999, Babak Keempat Piala FA
Manchester United 2, Liverpool 1
Old Trafford
United tidak akan bisa mencetak sejarah dalam meraih Treble bila Ole Gunnar Solskjaer tidak menjadi penyelamat dalam pertandingan ini. The Reds telah unggul lewat golnya Michael Owen sejak menit ketiga, dan United baru dapat menyamakan kedudukan lewat Dwight Yorke di menit ke-86. Dan dua menit setelah menit ke-90, Solskjaer kemudian mencetak gol yang menembus gawang David James untuk membuat Setan Merah terus melaju di Piala FA musim itu.

5 Mei 1999, Liga Primer
Manchester United 2, Liverpool 2
Anfield
Mantan pemain Manchester United Paul Ince mencetak gol yang dapat mengagalkan tim lamanya menjadi juara. Ince yang menjadi sasaran kemarahan suporter United karena bergabung dengan Liverpool menjadi alasan utama mengapa United tidak bisa meraih kemenangan pada pertandingan ini. Gol yang dicetaknya di menit ke-89 membuat skor akhir menjadi seri 2-2.

11 September 1999, Liga Primer
Manchester United 3, Liverpool 2
Anfield
Betapapun cemerlangnya karir sepakbola Jamie Carragher, pertandingan ini akan selalu menjadi catatan kaki bagi dirinya. Dalam laga panas ini, Carragher mencetak 2 gol bunuh diri bagi timnya yang membuat mereka kehilangan tiga angka setelah Andy Cole berhasil mencetak gol ketiga. Dua gol lain bagi Liverpool ke gawang Massimo Taibi dicetak oleh Sami Hyypia dan Patrik Berger.


17 Desember 2000, Liga Primer

Liverpool 1, Manchester United 0
Old Trafford
Gerard Houllier yang menjadi manajer Liverpool pada saat itu berjanji kalau suatu hari nanti mereka akan mengalahkan United. Sebelum pertandingan ini berlangsung, The Reds gagal menang dari Setan Merah dalam sepuluh pertandingan terakhir mereka. Dua menit menjelang babak pertama berakhir, tendangan bebas yang melengkung dari Danny Murphy gagal diselamatkan Fabien Barthez. Saat skor tidak berubah hingga usai pertandingan, janji Houllier pun telah ditepati.

12 Agustus 2001, Charity Shield
Liverpool 2, Manchester United 1
Millennium Stadium
Pertandingan pembuka awal musim ini menjadi debut bagi Ruud van Nistelrooy di Manchester United dan juga John Arne Riise bagi Liverpool. Walaupun, van Nistelrooy mampu mencetak gol di pertandingan pertamanya itu. Kubu Merseyside keluar sebagai pemenang lewat tendangan penalti Gary McAllister di menit kedua dan gol Michael Owen di menit ke-15.

4 November 2001, Liga Primer
Liverpool 3, Manchester United 1
Anfield
Kemenangan awal musim di Charity Shield menjadi motivasi tambahan bagi Liverpool untuk menghantam Setan Merah. Hari itu, Michael Owen memberikan salah satu penampilan terbaiknya dalam seragam The Reds dengan mencetak dua gol dan menjadi mimpi buruk bagi duet Wes Brown dan Mikael Silvestre. Gol lain Liverpool dicetak lewat tendangan bebas John Arne Riise yang seperti roket. David Beckham kemudian memperkecil kedudukan menjadi 3-1.


18 February 2006, Babak Kelima Piala FA

Liverpool 1, Manchester United 0
Anfield
Pertandingan yang berlangsung di Anfield ini berakhir tidak mengenakkan bagi suporter Setan Merah dan juga Alan Smith. Mengingat Liverpool berhasil memecahkan rekor 85 tahun gagal mengalahkan United di pertandingan Piala FA dan Smith harus dipandu keluar lapangan karena patah kakinya akibat menahan tendangan bebas John Arne Riise. Gol tunggal The Reds dicetak oleh Peter Crouch dan pada musim ini mereka berhasil menjadi juara Piala FA setelah mengalahkan West Ham United di final.

No comments:

Post a Comment