Wednesday, November 18, 2009

Sepuluh Pemain Belanda Dalam Sejarah AC Milan


AC Milan dan pemain asal Belanda memiliki kedekatan dan sejarah tersendiri.

Pemain dari berbagai negara keluar masuk di skuad AC Milan hampir tiap musimnya, baik tua maupun muda.

Salah satu negara yang cukup teratur menyumbang pemain adalah Belanda. Tak sedikit di antaranya yang kemudian mengukir sukses bersama AC Milan.


10. Winston Bogarde


Percaya atau tidak pemain ini sempat bergabung dengan AC Milan. Ia bermain di tahun 1997 dan hanya tampil tiga kali untuk AC Milan sebelumnya hengkang ke Barcelona.

9. Edgar Davids

Pemain berjuluk pitbull ini tak membuat penampilan mengesankan di San Siro di musim 1996-1997. Ironisnya, setelah ia pindah ke Juventus di tahun berikutnya, Davids menjadi pemain yang paling mencuri perhatian. 159 kali penampilan ditorehkannya bersama Juventus, sementara di AC Milan ia hanya yampil 19 kali.


8. Patrick Kluivert


Lagi-lagi AC Milan gagal mengeluarkan potensi terbaik dari pemain Belanda ini setelah menggaetnya dari Ajax Amsterdam di musim 1997/98. Tampil 27 kali, Kluivert hanya mencetak enam gol sebelum akhirnya dilego ke Barcelona, di mana ia menunjukkan kapasitasnya sebagai striker terbaik Belanda dengan 90 gol dari 182 penampilan.


7. Michael Reizinger


Sama seperti tiga pemain di atas, Reizeinger juga gagal bersinar di AC Milan. Ia hanya tampil sepuluh kali untuk AC Milan di musim 1996/97 sebelum hijrah ke Barcelona.

6. Jaap Stam


Bek asal Belanda itu termasuk dalam transfer sukses AC Milan di tahun 2004, dan selama dua musim di klub ini ia menjadi pilihan utama. Akan tetapi karirnya di Milan tidak berujung prestasi manis dengan hanya menjadi runner up Liga Champions di tahun 2005. Satu titel yang bisa diraihnya adalah SuperCoppa Italia di tahun 2004.


5. Klaas Jan Huntelaar


Striker Belanda itu masih mencari potensi terbaiknya sejauh ini. Belum ada satu pun gol dicetaknya selama mendapat kesempatan bermain.


4. Clarence Seedorf


Sejak bergabung dari Inter Milan di tahun 2001, Seedorf langsung mengukir beragam prestasi, mulai dari titel Serie A Italia, SuperCoppa Italia, dua titel Piala Super Eropa, dua titel Liga Champions dan satu gelar Piala Dunia Antarklub. Sampai saat ini, di mana usianya sudah menginjak 33 tahun, Seedorf masih menjadi andalan AC Milan.



3. Ruud Gullit


Karir kepelatihannya tak secemerlang catatan bermainnya. Gullit juga termasuk salah satu pemain serba bisa dan bisa beradaptasi dengan sangat baik ketika dipercaya mengisi pos di lini depan, tengah maupun belakang.


2. Frank Rijkaard

Adalah motor sukses AC Milan di akhir 80-an dan awal 90-an. Di era itu juga AC Milan bisa mengukir banyak prestasi, di mana Rijkaard banyak berperan, baik dari sektor tengah maupun lini belakang.

1. Marco Van Basten

Merupakan pemain terbaik Belanda yang pernah dipunyai AC Milan. Kemampuannya menggetarkan jala lawan tak usah diragukan lagi dan ia memiliki skill yang luar biasa. Prestasi demi prestasi juga berhasil dipersembahkannya untuk AC Milan. Bersama Rijkaard dan Ruud Gullit, Van Basten disebut sebagai trio terbaik yang pernah dimiliki AC Milan.

No comments:

Post a Comment